Agrowisata di Kalimantan

1. Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan selatan adalah salah satu provinsi yang berada di pulau kalimantan dan beribukota di Banjarmasin. Disana juga terdapat banyak tempat wisata yang sangat potensial dari mulai wisata alam hingga wisata agro. Berikut ini adalah beberapa wisata agro yang ada di Kalimantan Selatan.

1. Agrowisata Desa Bincau

Tempat Wisata Agro ini terletak di desa bincau Kec. Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia. Agrowisata ini sangat terkenal di desa Bincau dan juga merupakan andalan dari Kabupaten Banjar , Kalimantan selatan. Tempat wisata ini mengusung tema yaitu makan dan minum di lokasi pembudidayaan ikan di Agrowisata Desa Bincau. Selain itu disana juga terdapat berbagai taman seperti taman Bunga Melati dan Bunga Kenanga. Di desa Bincau juga terdapat beberapa rumah makan yang berada di lokasi tambak atau kolam ikan pembudidayaan yang menyajikan berbagai menu makanan ikan dengan kelezatan yang sangat memikat.

Disini para wisatawan bebas memelih ikanya sendiri dengan secara langsung dapat mengambil ikannya langsung dari tambak dan bisa langsung memasaknya di lokasi tersebut untuk di makan bersama–sama. Disana anda juga bisa sambil menikmati pemandangan taman bunga dengan aroma wangi yang di hasilkan dari bunga melati dan bunga kenanga dan juga akan ditemani ikan yang beraneka ragam jenisnya di kolam di dekat pondokan tempat anda makan. Di lokasi Agrowisata Desa Bincau Kalimantan Selatan ini juga terdapat fasilitas-fasilitas obyek wisata seperti tempat bermain untuk anak-anak, perahu karet Angsa, Perahu Karet Naga,sampan- sampan kecil serta terdapat juga kolam renang serta waterboom.

2. Meek Farm

Pada saat musim durian tiba. Banyak para pedagang yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. Itulah keadaan yang anda dapat temukan apabila berekreasi di Meek Farm Agrowisata Kebun Durian Banjarbaru. Tetapi banyak kebun durian yang berada di pelosok. Akses untuk menuju kesana pun sangat sulit. Dengan latar belakang itu pada tahun 1998 bapak Willy memulai suatu langkah untuk mewujudkan cita-citanya memiliki kebun durian. Dengan modal pekarangan yang cukup luas di Kelurahan Guntung Manggis, Banjarbaru, Kalimantan Selatan keinginan itu mulai diretas olehnya. Dengan sedikit demi sedikit ia mendatangkan bibit durian dari Mojokerto. Yang kemudian ia tanam di lahan seluas 10 hektar, sampai akhirnya terdapat sebanyak 600 batang pohon durian berdiri di lahannya

Setelah sepuluh tahun berlalu, bapak Willy mulai menuai hasilnya. Di lahannya terdapat 24 varietas durian yang sudah mulai berbuah. Kebun Willy pun menjadi terkenal. Dan kemudian oleh bapak Willy kebun ini dijadikan sebagai tempat agrowisata yang kemudian diberi nama Meek Farm. Yang kemudian baru diresmikan pada tanggal 11 Nopember 2008 dan Agro Wisata ini diresmikan oleh bapak Rudy Resnawan selaku walikota Banjarbaru.

3. Agropolitan Terantang

wisata agro ini sangat memiliki potensi dengan arah pembangunan Kabupaten Barito Kuala Batola. Ini semua tak lepas dari pengembangan sektor pertanian disana dan juga tidak mengesampingkan sektor pendukung lainnya seperti pendidikan, kesehatan, perkebunan, kehutanan, peternakan dan juga beberapa sektor lainnya.
Disana memang tidak memiliki kekayaan yang berupa pertambangan. Karena Kekuatan perekonomian dari penduduknya sendiri justru bertumpu pada hasil pertaniannya.
Kawasan agropolitan ini dipusatkan di daerah pengairan Terantang dan Belawang, dan kemudian diikuti pengembangan beberapa sentra produksi lainnya. Contohnya sendiri seperti
Kawasan sentra produksi jeruk dan holtikultura yang berbasis dari tanaman padi dan dipusatkan di Kecamatan Belawang, Barambai, Jejangkit, Mandastana, Cerbon dan Marabahan. Untuk kawasan pengembangan sapi potong dan kambing yang berbasis padi dan palawija, ditempatkan di kawasan Kecamatan Wanaraya dan Barambai. Dan juga ditetapkan menjadi kawasan sentra kelapa rakyat di Kecamatan Tamban, kecamatan Mekarsari dan kecamatan Alalak.
selanjutnya adalah sentra perikanan dan kelautan di Kecamatan Tabunganen.
disektor ini pula kabupaten Batola berhasil membudidayakan udang galah yang menjadi komoditas unggulan.

4. Agro Sungai Kambat

Pemerintah dari kabupaten Batola juga menjadikan Wisata Agro Sungai ini di Desa Sungai Kambat, Kecamatan Cerbon yang kemudian dijadikan pusat wisata agro di provinsi kalimantan Selatan. Hal ini dikarenakan di Sungai Kambat terdapat Balai Kasa yang juga merupakan jenis dari tanaman hortikultura. sarana dan prasarana disana pun dibangun dengan cepat, hal ini diharapkan banyak turis mancanegara dan turis lokal yang mau datang mengunjungi Wisata Agro Sungai Kambat. Pemerintah daerah juga berjanji akan membantu pemasaran hasil bibit dan buah-buahan yang ada.

2. Kalimantan Timur

Tanaman yang hijau menjadikan Kalimantan Timur dibanjiri berbagai tanaman yang unik, menyegarkan, dan tentu saja menjadikan wilayah ini lebih terawat dengan karunia yang diturunkan untuk tanah Kalimantan Timur.

Agrowisata menjadi pilihan tepat untuk para pelancong yang ingin menikmati keindahan Provinsi ini. Menikmati keindahan alam merupakan pilihan yang tersedia dengan berbagai fasilitas yang menunjang untuk mempermudah wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kalimantan Timur.

Salah satunya objek wisata yang tersedia adalah Taman Agrowisata Batuah. Sebuah taman yang menyajikan berbagai hasil tanaman dan buah-buahan yang dapat dinikmati langsung dengan fasilitas dan wahana lain yang mampu melunasi keinginan wisatawan untuk berlibur.

Taman Agrowisata Batuah ini terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Ia memiliki luas 35 ha dengan konsep pertanian, alam dan wisata dan berada di antara pertanian rakyat desa Batuah.

Taman Agrowisata Batuah ini dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur akan tetapi lokasi dan areanya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lama tempuh dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit.

Adapun beberapa tanaman yang mendapat perhatian pengunjung adalah tanaman anggrek. Taman Agrowisata Batuah ini memiliki bebagai macam jenis tanaman anggrek yang di antaranya adalah Anggrek Alam, Dandrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, dan tanaman hias lainnya.

Anggrek-anggrek di tempat ini juga dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Seperti yang diketahui bahwa tanaman yang satu ini memiliki pesona yang indah dan menawan sehingga mampu memukau para pengunjung yang datang ke Taman Agrowisata Batuah.

Tidak hanya tanaman anggrek, tetapi wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Agrowisata Batuah juga dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan oleh adanya Rumah Kaktus.

Rumah Kaktus ini merupakan salah satu objek yang banyak dikunjungi. Terdapat 10 rumah kaktus yang berjejer rapi dan berwarna-warni. Sama dengan anggrek, kaktus inipun dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.

Dapat dibayangkan dengan luas taman yang tidak kecil membuat tanah ini penuh dihiasi tanaman yang indah, asri, unik, juga menyegarkan membuat pengunjung dapat betah berlama-lama mengelilingi tempat ini.

Jiika wisatawan yang datang berkunjung dan ingin bermalam di taman ini, pengelola telah menyiapkan villa dengan gaya rumah panggung untuk bermalam. Tentu saja tidak hanya villa yang disediakan tetapi fasilitas lain seperti café juga disediakan untuk pengunjung yang sudah kelaparan atau hanya sekedar ingin menikmati teh dan kopi sambil memandang taman yang elok dengan harum bunga yang semerbak.

Keuntungan lain jika pengunjung ingin bermalam adalah menikmati buah-buah tropis segar dengan beraneka jenis yang ada di Taman Argowisata Batuah, diantaranya adalah jenis-jenis Rambutan seperti Binjai, Lebak Bulus, Rapiah, Antalagi, Durian, Nanas, Salak Pondoh, Jambu, dll.

Seperti halnya anggrek dan kaktus, buah-buahan ini juga dapat dimakan dan dibeli langsung dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Tanah seluas 35 ha ini tidak seluruhnya digunakan untuk tanaman, tetapi di sisi lain bagi pengunjung yang memiliki hobi memacing maka tentu akan dipuaskan dengan kolam memancing yang tersedia.

Beberapa kolam pemancingan yang menjadi andalan dari Agrowisata Batuah adalah 3 buah kolam yang berada di lekukan perbukitan yang dapat menampung kurang lebih 100 orang pemancing.

Selain tempat memancing, fasilitas lain yang diberikan adalah Fergola dengan payung bunga, saung tempat istirahat, juga toilet. Tidak hanya itu pengunjung juga memilki pilihan hiburan lain dengan adanya Jogging Ttack dan Camping Ground sebagai tempat berkemah.

Dengan lokasi yang terhampar luas serta berada pada dataran tinggi di tengah-tengah kebun buah-buahan sehingga setiap pengunjung dapat menikmati suasana alam yang indah dengan angin sepoi-sepoi dan adanya aroma keharuman bunga yang menyegarkan.

Disajikannya berbagai wahana pilihan untuk memanjakan pengunjung dan fasilitas yang dibuat sedemikian mungkin untuk mempermudah kebutuhan, rasanya berkunjung ke Taman Agrowisata Batuah menjadi salah satu pilihan yang tepat jika datang ke tanah Kalimantan Timur.

Sumber:

http://jalan2.com/forum/topic/4383-melongok-wisata-agro-di-kalimantan-selatan/

http://www.wacana.co/2016/09/taman-agrowisata-batuah-di-kalimantan-timur/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s